Share :

Tuesday, August 8, 2017

Malaysia : Deskripsi Negara Diraja Malaysia

MALAYSIA



Nama Resmi           : Federation of Malaysia
Ibu Kota                 :  Kuala Lumpur
Luas Wilayah         :  329.847 km2
Mata Uang             :  Ringgit
Lagu Kebangsaan  :  Negaraku
Bendera                 :  


Bendera Malaysia

Letak Astronomis

Letak astronomi negara Malaysia diantara 1º LU - 7º LU dan antara 99º40’ BT - 119º BT


Letak Geografis


Malaysia terbagi menjadi 2 wilayah, yaitu Malaysia bagian barat danMalaysia bagian timur. Malaysia bagian barat terletak di Semenanjung Malaka, sedangkan Malaysia bagian timur terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Kedua wilayah tersebut dipisahkan oleh Laut Cina Selatan.
1) Sebelah utara: Thailand dan Laut Cina Selatan.
2) Sebelah timur: Laut Sulu.
3) Sebelah selatan: Pulau Kalimantan.
4) Sebelah barat: Selat Malaka


Keadaan Alam




Malaysia adalah satu-satunya negara Asia Tenggara yang terletak baik di pulau utama maupun daratan Asia. Di barat, Malaysia menempati bagian selatan Semenanjung Malaya (atau Melayu/Malaka), yang juga ditempati Thailand. Di timur, wilayah Malaysia mencakup negara bagian Sabah dan Sarawak di pulau Kalimantan. Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga di dunia. Dua bagian negara ini dipisahkan oleh Laut China Selatan sepanjang lebih dari 645 kilometer. 

Rantai pegunungan membentang di tengah Semenanjung Malaya, mencapai ketinggian 2.100 meter. Rantai ini terdiri atas Tanah Tinggi Cameron dan Tanah Tinggi Genting. Dataran rendah memanjang baik ke pantai laut timur dan barat. Kecuali untuk lembah Sungai Pahang, tanah di sebelah timur pegunungan kurang berkembang dan ditutupi oleh hutan lebat. Pantai timur hanya memiliki dua pelabuhan yang baik, Kota Baharu dan Kuantan. Pantai barat memiliki pelabuhan yang baik di George Town, Pelabuhan Klang (sebelumnya di Port Swettenham), Telok Anson, dan Port Weld.
Sekitar tiga-perempat dari wilayah Malaysia Timur terdiri atas hutan yang jarang penduduknya. Garis pantai Sabah dan Sarawak terdiri atas tanah aluvial dan rawa. Masuk ke pedalaman jauh di Sarawak, wilayah negara berhadapan dengan pegunungan. Di sebelah selatan, Pegunungan Kapuas dan Pegunungan Iran (Banjaran Iran) memisahkan Kalimantan Malaysia dengan Kalimantan Indonesia. Di bagian utara Sabah, perbukitan rendah di sepanjang pantai naik ke pegunungan tengah. Barisan pegunungan ini memiliki Gunung Kinabalu. Dengan ketinggian 4.100 meter, gunung ini menjadi puncak tertinggi Malaysia.


Iklim

Malayasia memiliki iklim tropis. di Malaysia bagian barat, musim penghujan berlangsung dari bulan September sampai Desember. Adapun di bagian timur musim penghujan berlangsung dari bulan Oktober sampai Februari. Akibat dari iklim tropis, Malaysia memiliki keragaman hayati. Terdapat sekitar 8.000 tumbuhan berbunga. Di Malaysia bagian timur menjadi habitat populasi terbesar burung di dunia. bagian Serawak juga terdapat hutan hujan tropis terbesar dan tertua di Gunung Kinabalu.

Di Semenanjung Malaysia memiliki iklim hujan tropis yang panas dan lembap. Suhu udara selalu tinggi sepanjang tahun. Hujan jatuh di sepanjang tahun. Perbedaan antara musim-musim yang berlaku itu hanya tampak di dalam perbedaan curah hujannya. Tidak ada musim kemarau yang jelas, yang ada hanyalah musim hujan yang basah ataupun kering. Hujan terbanyak jatuh pada waktu angin muson timur laut bertiup, yaitu bulan November sampai bulan Januari. Dari Mei sampai September angin muson barat daya berpengaruh cukup dominan di bagian utara, sedangkan di daerah-daerah lain pengaruh angin ini kurang. Bulan Juli merupakan bulan yang paling kering di semenanjung ini.

Perekonomian

Kegiatan ekonomi utama penduduk Malaysia adalah pertanian. Hasil pertaniannya antara lain padi, teh, buah, tebu, kakao, kelapa sawit, dan karet. Karet menjadi komoditas ekspor andalan Malaysia. Kegiatan ekonomi lain yang dilakukan penduduk Malaysia adalah industri, pertambangan, dan kehutanan. Hasil tambang Malaysia antara lain gas alam, bijih besi, timah, bauksit, tembaga, dan emas. Malaysia merupakan negara penghasil timah terbesar di dunia.

Suku/Etnik

Penduduk Malaysia terdiri dari berbagai kelompok suku, dengan Suku Melayu sejumlah 50,4% menjadi ras terbesar dan bumiputra/suku asli (aborigin) di Sabah dan Sarawak sejumlah 11%,  dari keseluruhan penduduk 23,7% adalah Tionghoa-Malaysia, sedangkan India-Malaysia sebanyak 7,1% penduduk. Sebagian besar komunitas India adalah Tamil (85%), tetapi berbagai kelompok lainnya juga ada, termasuk Malayalam, Punjab, dan Gujarat. Sebagian lagi penduduk Malaysia berdarah campuran Timur Tengah, Thailand, dan Indonesia. Keturunan Eropa dan Eurasia termasuk Britania yang menetap di Malaysia sejak zaman kolonial, dan komunitas Kristang yang kuat di Melaka. Sejumlah kecil orang Khmer dan Vietnam menetap di Malaysia sebagai pengungsi Perang Vietnam.

Bahasa

Bahasa nasional atau resminya adalah Melayu yang merupakan bahasa ibu kelompok etnis mayoritas Melayu. Kelompok etnis utama di Malaysia meliputi Melayu, Tionghoa dan India, dengan beberapa kelompok etnis lainnya yang terwakili dalam jumlah yang lebih kecil, masing-masing dengan bahasa mereka sendiri. Bahasa asli terbesar yang digunakan di Malaysia Timur adalah bahasa Iban, Dusunik, dan Kadazan. Bahasa Inggris biasanya digunakan dalam industri pelayanan dan subyek pengajaran di sekolah dasar dan menengah. Bahasa tersebut juga merupakan bahasa utama yang dipakai di sebagain besar kolese dan universitas swasta. Bahasa Inggris mendapatkan tempat penting di kalangan Melayu dalam konteks resmi tertentu sesuai yang diatur pada Undang-Undang Bahasa Nasional, khususnya di negara bagian Sabah dan Sarawak, dimana bahasa tersebut menjadi bahasa kerja resmi.

Agama

Agama resmi Malaysia adalah Islam, tapi konstitusi menjamin kebebasan beragama bagi semua orang. Banyak etnis Tionghoa beragama Buddha atau Tao. Kebanyakan orang India beragama Hindu. Beberapa suku-suku dari Sabah dan Sarawak adalah orang Kristen; sisanya mengikuti agama asli tradisional nenek moyang mereka.

Budaya

Tarian Zapin
Beberapa hal terkait dengan tradisi atau kebudayaan lokal masyarakat Melayu antara lain: mereka sangat mematuhi dan mengikuti tradisi yang telah mereka yakini dan lakukan sejak mereka kecil, agama juga memainkan peran yang sangat signifikan dalam perilaku sosial kermasyarakatan termasuk dalam pergaulan dengan orang asing, dalam pesta pernikahan orang Melayu biasanya selalu ada Kenduri. Itulah beberapa hal yang patut Anda ketahui tentang adat istiadat masyarakat Malaysia.

Adat istiadat Melayu banyak memperlihatkan campuran unsur lokal dan unsur luar seiring dengan kedatangan pengaruh Hindu, Islam, dan Barat ke Alam Melayu. Dalam pemerintahan Malaysia, unsur-unsur adat yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam dibenarkan. Melalui principle of co-existence ini orang Melayu dapat menyesuaikan adat dan agama secara harmonis, walaupun ada aspek-aspek tertentu yang bertentangan tetapi terus diamalkan.

Dalam masyarakat Melayu, seni dapat dibagi menjadi dua: seni persembahan (tarian, nyanyian, persembahan pentas seperti makyong, wayang kulit, ghazal, hadrah, kuda kepang) dan seni tampak (seni ukir, seni bina, seni hias, pertukangan tangan, tenunan, anyaman dll). Permainan tradisi seperti gasing, wau, congkak, juga termasuk dalam kategori seni persembahan. Kegiatan seni Melayu mempunyai identitas tersendiri yang juga memperlihatkan gabungan berbaga-bagai unsur asli dan luar.


Pemerintahan


Federasi Malaysia adalah federasi 13 negara bagian. Dalam konstitusi setiap negara bagian (negeri-negeri), konstitusi Malaysia harus dimuat terlebih dahulu sebelum konstitusi masing-masing negara bagian. Konstitusi negara bagian harus mengadopsi konstitusi federal. Ke-13 negara bagian Malaysia adalah: (1) Johor, (2) Kedah, (3) Kelantan, (4) Melaka, (5) Negeri Sembilan, (6) Pahang, (7) Perak, (8) Perlis, (9) Pulau Pinang, (10) Sabah, (11) Sarawak, (12) Selangor, dan (13) Terengganu. Selain itu terdapat 1 wilayah yang merupakan teritori federal yaitu (Wilayah Persekutuan) yang terdiri atas 3 wilayah pembentuk yaitu (1) Ibukota Kuala Lumpur, (2) Labuan, dan (3) Putrajaya.

Sistem pemerintahan adalah Parlementer.  Malaysia menganut sistem parlementer model Westminster. Kepala negara dipegang oleh Yang Dipertuan Agong. Ia dipilih setiap 5 tahun oleh sebuah lembaga bernama Conference of Ruler. Kepala negara berwenang mengangkat Perdana Menteri (PM). PM ini kepala pemerintahan dan figur dominan dalam pemerintahan negara Malaysia.






--------------------------------------------------------------------



Sumber :
http://geografisku.blogspot.co.id/2016/10/letak-batas-luas-iklim-bentang-alam-malaysia.html
http://www.kembangpete.com/2014/08/13/profil-lengkap-negara-malaysia/
http://materipelajaranterbaruips.blogspot.com/2016/03/letak-luas-batas-wilayah-keadaan-alam.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_di_Malaysia
https://id.wikipedia.org/wiki/Masyarakat_Melayu_di_Malaysia
http://raudhatunhafizah.blogspot.co.id/2013/06/sistem-pemerintahan-negara-malaysia.html
 

No comments:

Post a Comment