Share :

Sunday, December 18, 2016

Profil : Negara Persemakmuran Dominika


Sumber : Theodora.com

Nama Resmi       : The Commonwealth of Dominica / Persemakmuran Dominica
Ibu Kota             : Rosseau
Luas Wilayah       : 750 km2
Mata Uang           : Dollar Karibia Timur (EC$)
Lagu Kebangsaan  : Isle Of Beauty, Isle Of Splendour
Bendera Dominica :



Bendera Dominica

Letak Astronomis

Lokasi Dominica adalah 15 derajat Lintang Utara dan 61 derajat bujur Barat. Pulau ini terletak di tengah-tengah di sepanjang kepulauan Karibia Timur, hanya beberapa mil dari Martinique ke selatan dan Guadeloupe ke utara. Nama resminya adalah Persemakmuran Dominika, yang digunakan dalam komunikasi resmi dan untuk membedakannya dengan pulau di Karibia utara yaitu Republik Dominica.

Letak Geografis

Persemakmuran Dominika, terletak di Karibia Timur, adalah pulau yang terbesar dan paling utara dari Kepulauan Windward, terletak antara Martinique dan Guadeloupe. Ibukotanya Roseau, terletak di pantai barat Laut Karibia. 

Dominica

Keadaan Alam

Negara ini termasuk salah satu pulau dari Kep. Windward di Antilla Kecil, sebagian di tutup hutan tropis, terutama pegunungan di bagian tengah. Wilayah hutan mencakup 41% luas pulau seluruhnya. Pulau ini merupakan daerah vulkanis. Di negara ini banyak sungai dangkal yang menjadi sumber air minum dan tenaga listrik.

Dominica memiliki banyak Puncak, pegunungan, dan jurang. Beberapa gunung memiliki ketinggian lebih dari 1.200 m (4.000 kaki), yang tertinggi adalah Morne Diablatins, dengan ketinggian 1.447 m (4.747 kaki). Gunung berapi memiliki puncak gunung yang berbentuk kerucut dengan kawah lava dan danau kecil air mendidih di sekitarnya. Yang terbesar adalah Danau mendidih yang berada dekat Roseau, merupakan danau aktif termal terbesar kedua di dunia. Tepi pantai berbatasan langsung dengan pegunungan.



Boiling Lake


Iklim

Iklim Dominica adalah agak tropis; pada bulan-bulan musim dingin rata-rata suhu 25 ° c (77 ° f); di musim panas, 28 ° c (82 ° f). Bulan-bulan musim semi adalah yang paling kering; hujan besar jatuh pada akhir musim panas. Rata-rata curah hujan tahunan berkisar dari sekitar 191 cm (75 in) di daerah pantai Karibia dan 508 cm (200 in) di daerah pedalaman pegunungan. Badai yang dapat merusak datang dari Samudera Atlantik dapat terjadi selama bulan-bulan musim panas.

Perekonomian

Ekonomi Dominika bergantung pada pariwisata dan pertanian. 40% dari penduduk Dominika bekerja di sektor pertanian, dan ekspor hasil pertanian termasuk tembakau, pisang, sayuran, buah jeruk, kopra, minyak kelapa, dan minyak esensial seperti minyak Teluk. industri negara itu, selain pariwisata, termasuk sabun, furnitur, blok semen, dan sepatu.

Pemerintah mulai restrukturisasi komprehensif ekonomi pada tahun 2003-termasuk penghapusan kontrol harga, privatisasi perusahaan pisang negara, dan kenaikan-pajak mengatasi krisis ekonomi Dominica dan untuk memenuhi target IMF. Dalam rangka melakukan diversifikasi basis produksi di pulau itu, pemerintah berupaya untuk mengembangkan sektor keuangan lepas pantai dan berencana untuk membangun sebuah kilang minyak di bagian timur pulau.

ekonomi Dominica tumbuh sebesar 3,5 persen pada tahun 2005 dan 4,0 persen pada tahun 2006, setelah satu dekade kinerja yang buruk. Negara ini hampir mengalami krisis keuangan pada tahun 2003 dan 2004. Pertumbuhan pada tahun 2006 ini disebabkan keuntungan di bidang pariwisata, konstruksi, perbankan lepas pantai dan jasa lainnya, dan beberapa sub-sektor industri pisang.

Pisang dan pertanian lainnya mendominasi perekonomian Dominica ini. Sektor ini, bagaimanapun, sangat rentan terhadap kondisi cuaca dan kejadian eksternal yang dapat mempengaruhi harga komoditas. Menanggapi penurunan Uni Eropa (UE) preferensi perdagangan pisang, pemerintah telah melakukan diversifikasi sektor pertanian dengan memperkenalkan kopi, nilam, lidah buaya, bunga potong, dan buah-buahan eksotis seperti mangga, jambu biji, dan pepaya. Dominica telah memiliki beberapa keberhasilan dalam meningkatkan ekspor manufaktur yang, terutama sabun.

Bahasa

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi Dominica. Hampir semua penduduk Dominica juga berbicara bahasa Perancis, campuran bahasa Afrika dan bahasa Perancis dan sebagian besar terdiri dari kata-kata Perancis, dengan sedikit bahasa Inggris dan bahasa Spanyol. Beberapa pulau bahkan menjadikan bahasa Perancis sebagai bahasa utama mereka.

Suku Bangsa/Etnik

Sebagian besar Penduduk Dominica adalah keturunan budak Afrika yang dibawa ke pulau pada abad ke-17 dan ke-18. Beberapa penduduk adalah keturunan campuran dan minoritas kecil berasal dari Eropa. Dominika adalah satu-satunya pulau di Karibia yang keturunan penduduk karibia asli masih memiliki komunitas yang jumlahnya sekitar 3.000 orang dan masih mempertahankan identitas mereka.

Populasi penduduk Dominika sebanyak 73.000 jiwa. Dengan jumlah orang Negro Afrika (89%) dan mulatto yaitu peranakan kulit putih dan Negro (73%), sedangkan persentase keturunan Indian Karibia sangat kecil.

Agama

Sekitar 61% dari penduduknya beragama Katolik Roma. Evangelis sekitar 18%, 6% Advent dan 3,7% Metodis. kelompok minoritas lainnya termasuk Anglikan, Saksi-Saksi Yehuwa, Muslim, Baha'i, Rastafarian, Baptis, Nasrani, dan Kristen Brethen Sekitar 6% penduduk tidak mengklaim agama apapun.
Kebebasan beragama bagi semua agama diatur dalam konstitusi. Semua kelompok agama harus mendaftar ke pemerintah untuk menerima status nonprofit.

Pemerintahan

Dominika adalah negara demokrasi parlementer yang tergabung dalam negara-negara persemakmuran. Ibukotanya adalah Roseau. Persemakmuran Dominika adalah salah satu dari beberapa republik di yang ada di Karibia. Presiden adalah kepala negara, sedangkan kekuasaan eksekutif dipegang oleh kabinet yang dipimpin oleh perdana menteri. Parlemen unikameral terdiri dari 30-anggota Perwakilan Rakyat (House of Assembly), yang terdiri dari 21 anggota yang dipilih secara langsung dan sembilan senator, yang baik dapat ditunjuk oleh presiden atau dipilih oleh anggota lain dari Perwakilan Rakyat (House of Assembly).

Dominica juga anggota dari Pengadilan Kriminal Internasional dengan Perjanjian Imunitas Bilateral perlindungan bagi militer AS, sebagaimana diatur dalam Pasal 98. Pada bulan Januari 2008 Dominica bergabung dengan Alternatif Bolivarian untuk Amerika.
Dominica dibagi menjadi 10 paroki dengan sensus penduduk tahun 2011 sebagai berikut:
  • Saint Andrew Parish (9471)
  • Saint David Paroki (6043)
  • Saint George Parish (21.241)
  • Saint John Parish (6561)
  • Saint Joseph Parish (5637)
  • Saint Luke Parish (1668)
  • Saint Mark Parish (1834)
  • Saint Patrick Parish (7622)
  • Saint Paul Parish (9786)
  • Saint Peter Parish (1430)



-------------------------------------------------------------------------------------------------

Sumber :
http://www.everyculture.com/
http://thecommonwealth.org/
https://id.wikipedia.org/
http://www.dominica.dm
http://www.encyclopedia.com
http://www.newworldencyclopedia.org
https://en.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment